Pikiran manusia memiliki kekuatan seperti sinar laser jika difokuskan pada sesuatu. Jack Ma pendiri Alibaba yang sangat terkenal mendedikasikan waktunya untuk membangun Alibaba. Sampai-sampai istrinya mengatakan bahwa sebenarnya Jack Ma itu menikah dengan Alibaba bukan dengan dirinya. Namun hari ini Jack Ma membayar semua waktu yang dikorbankan saat sang istri dan keluarganya menunggu Jack Ma membangun kerajaan bisnis digitalnya.

Untuk bisa meraih kesuksesan Anda harus fokus dan itu berarti ada kemungkinan Anda harus tidak seimbang dulu di awalnya. Agar Anda bergerak maju maka pada awalnya Anda harus tidak seimbang dulu barulah bisa bergerak.

Coba perhatikan jika Anda dalam posisi berdiri diam dan hendak berjalan maju. Apa yang Anda lakukan? Anda pasti akan merusak posisi seimbang Anda dengan cara mencondongkan badan ke depan dan membuat salah satu kaki melangkah. Dan agar langkah itu seimbang maka harus diikuti dengan langkah lainnya sehingga Anda bergerak maju.

Demikianlah hukum alam. Diperlukan ketidakseimbangan di awal untuk mencapai sebuah titik keseimbangan baru.

Demikian juga dalam sebuah bisnis dan pengembangan diri diperlukan ketidakseimbangan di awal untuk mencapai titik keseimbangan baru yang lebih tinggi. Anda harus berfokus untuk membuat ketidakseimbangan baru itu tetap terkendali hingga tepat menuju ke sasaran yang Anda bidik.

Saat Anda mengarahkan fokus pada sesuatu tentu akan tercipta sebuah ketidakseimbangan baru. Ada aspek yang akan terpengaruh. Oleh karena itu benar-benar manfaatkan waktu yang Anda pergunakan untuk membuat ketidakseimbangan tadi berjalan dengan cepat sehingga Anda bisa mencapai titik keseimbangan baru yang lebih tinggi dan segera menikmati hasil yang Anda impikan.

Pikiran manusia diciptakan Tuhan sangat canggih. Dilengkapi dengan berbagai sistem yang luar biasa untuk membantu Anda mencapai apapun yang Anda impikan. Di dalam kelas hipnosis dan hipnoterapi saya biasanya selalu membahas satu hal penting yaitu bagian yang bernama Reticular Ativating System (RAS) yang terletak di sekitar occipital lobe (di tempurung otak bagian belakang) yang berfungsi sebagai sensor untuk menyaring data dan informasi yang Anda fokuskan. Seorang hipnotis harus tahu bagaimana memanfaatkan bagian ini untuk memberdayakan seorang klien.

Saat Anda memfokuskan diri pada sesuatu maka RAS tadi akan memancarkan sinyal ke alam semesta dan sinyal tadi akan ditangkap oleh penerima yang frekuensinya sama dengan yang Anda pancarkan melalui RAS.

Jika Anda memfokuskan pada sebuah gadget tertentu misalnya maka dalam seharian itu Anda akan bertemu dengan orang-orang yang memakai gadget tersebut, iklan yang berkaitan dengan gadget tersebut atau promosi yang berkaitan dengan gadget tersebut.

Saat Anda memfokuskan pada kekurangan uang maka segala tagihan akan datang dan segala hal yang menuntut uang Anda keluar akan datang bersamaan.

Jadi semua yang Anda alami dalam hidup ini adalah sesuai dengan apa yang Anda fokuskan dalam pikiran Anda – sadar ataupun tidak sadar (sengaja atau tidak sengaja).

Hati-hati dengan pemikiran Anda.

Mengapa seseorang gagal fokus?

Ada beberapa penyebab mengapa seseorang sulit untuk fokus pada sesuatu yang dikerjakannya :
– Tak berani menetapkan tujuan yang jelas dan bermakna dalam
– Harga diri yang kurang baik
– Tak punya perencanaan tertulis atas apa yang mau dilakukan
– Emosi negatif yang tak terselesaikan (marah, benci, perasaan diperlakukan tak adil, merasa kurang diperhatikan, tidak dicintai)

Semua hal diatas akan menyebabkan seseorang sibuk dengan pemikiran-pemikiran sendiri alias sibuk dengan sinetron yang bermain dalam pikirannya.

Jika Anda memiliki hal-hal diatas maka segera lakukan perbaikan karena hidup Anda sangat berharga. Sangat disayangkan jika Anda harus mengisi hari-hari Anda dengan hal-hal yang kurang bermakna.

Indonesia bermutu dimulai dari kualitas berpikir individunya.
Salam juara dari salah satu pojok Indonesia.

Ariesandi S.,CHt
Founder Academi Hipnoterapi Indonesia

Share This