Apakah Anda pernah merasa malas ? Hmm … sepertinya tiap orang pernah mengalaminya ya. Rasa malas sebenarnya wajar saja. Karena sebenarnya secara alamiah manusia lebih suka bermalas-malasan jika diberi pilihan untuk bekerja atau bermalasan hahahahaha. Jika  kadarnya sedikit rasa malas bisa dikategorikan wajar saja.

Dalam disiplin ilmu hipnoterapi rasa malas muncul karena ada bagian tertentu dalam diri seseorang merasa perlu waktu untuk istirahat setelah bekerja dalam jangka waktu tertentu. Jadi sebenarnya rasa malas muncul dengan sebuah tujuan baik.

Namun demikian jika rasa malas ini berlebihan dan mengganggu kinerja seseorang maka ini adalah masalah yang harus diselesaikan. Ironisnya adalah orang yang lagi bermasalah dengan adanya rasa malas berlebihan ini seringkali merasa tidak malas dan merasa dirinya bukan pemalas!!!

Oke baiklah sekarang saya akan membahas bagaimana menyelesaikan rasa malas dengan 2(dua) pendekatan yaitu  pendekatan perilaku yang logis (fisiologis) dan pendekatan secara mental (psikologis).

Dalam ilmu hipnosis (atau lebih dikenal dengan hipnotis) manusia mempunyai 2 macam respon jika menghadapi sebuah tantangan yaitu lari atau lawan. Ini membawa konsekuensi berikutnya yaitu manusia ingin mengejar kenikmatan dan menghindari penderitaan.

Nah berdasarkan teori diatas maka pendekatan perilaku logis untuk masalah mengatasi rasa malas adalah :

  1. Buatlah sebuah target yang menyenangkan jika Anda berhasil mencapainya. Atau Anda boleh menetapkan sebuah hadiah untuk diri sendiri jika berhasil mencapainya. Dalam menentukan target ini Anda harus memiliki alasan yang jelas dan kuat. Pastikan bahwa target tersebut tak terlalu besar atau tinggi bagi Anda agar Anda berhasil mencapainya namun juga jangan terlalu rendah sehingga tak ada tantangannya.
  2. Buatlah sebuah denda atau hukuman jika Anda belum berhasil mencapainya. Denda atau hukuman ini harus benar-benar sesuatu yang menyakitkan dan menimbulkan penderitaan dan benar-benar sesuatu yang ingin Anda hindari.
  3. Tunjuk seorang wasit atau juri sebagai pengawas dari apa yang akan Anda kerjakan. Ini akan membuat Anda mendapatkan pengawasan. Secara profesional ini juga bisa seorang coach atau atasan atau pasangan hidup atau orang yang Anda percaya.
  4. Mulailah melakukan aktifitas paling kecil yang Anda sanggup untuk menuju ke target Anda. Kuncinya adalah melakukan secara konsisten. Tak perlu langsung melakukan banyak atau besar. Cukup kecil saja tapi konsisten.

Nah itulah pendekatan perilaku logis untuk melepaskan rasa malas yang membelenggu Anda. Apakah hanya itu saja dan pasti berhasil ??? Hohohoho … belum tentu.

Jika Anda masih mendapati diri Anda melakukan semua hal di atas dengan berat dan seperti ada perlawanan dalam diri maka itu artinya sistem pertahanan diri Anda menjadi terpicu aktif.  Kasus seperti ini membutuhkan pengetahuan yang lebih dalam untuk bisa diselesaikan.

Cirinya adalah :

  • Anda sadar dan tahu tentang apa yang harus diubah tetapi malas memulainya
  • Anda sudah menjalani perubahan tetapi hanya bertahan beberapa saat saja lalu kembali ke rasa malas yang sama
  • Anda merasakan tidak nyaman dengan perubahan yang sedang Anda lakukan dan selalu bertanya-tanya apakah memang hal ini benar
  • Anda merasa ada potensi besar dalam diri yang harusnya bisa membuat diri Anda menjadi lebih baik tetapi Anda bingung harus mulai dari mana dan rasa malas yang sama tetap ada

 

Jika hal ini terjadi maka saya tidak punya saran lain kecuali pergi ke hipnoterapis untuk menyelesaikan masalah Anda. Atau Anda bisa menghubungi call center Academi Hipnoterapi Indonesia untuk menanyakan layanan kami di SMS / Whatsapp 081234560781.

 

Salam Hebat

Share This