Halo jumpa lagi dalam edisi kali ini. Saya akan membahas lanjutan dari 7 Tips Sukses dalam Bisnis dan Karier. Di edisi 7 Tips Sukses dalam Bisnis dan Karier bagian 1  dan  7 Tips Sukses dalam Bisnis dan Karier bagian 2  saya sudah membahas 4 poin penting yaitu : mengelola emosi, mengelola waktu, mengelola prioritas dan mengelola energi.

Sekarang saya akan lanjutkan dengan pembahasan tips berikutnya yaitu :

  1. Kelola pemikiran

Pemikiran Anda adalah dunia dalam diri Anda. Anda menanggapi segala sesuatu di luar dengan pola pikir tertentu. Pemikiran Anda bisa diibaratkan dengan “kaca mata”. Jika Anda memakai kaca mata hitam maka seputih-putihnya suatu benda akan melihatnya berwarna gelap.

Demikian pula dengan pemikiran. Jika Anda memiliki pemikiran negatif terhadap seseorang maka sebaik-baiknya seseorang melakukan sesuatu maka akan tampak buruk di hadapan Anda. Jika pemikiran Anda sudah terbelenggu dengan paradigma buruk tertentu maka sebaik-baiknya Anda dihadapkan pada sebuah situasi maka Anda akan tetap menilainya dengan buruk.

Mengelola pemikiran adalah mengelola kesadaran diri. Saat Anda melakukan, mengatakan dan mendengarkan segala sesuatu dengan kesadaran diri penuh maka segala sesuatu akan tampak sebagaimana adanya – tidak lebih dan tidak kurang.

Ibaratnya Anda melihat air jernih di pantai hingga bisa melihat karang dan ikan di bawahnya. Selama Anda mengamati dengan penuh kesadaran maka Anda bisa menikmati keindahan tersebut. Tetapi begitu Anda mulai melangkahkan kaki ke dalam air dan berjalan maka pasir mulai naik dan air mulai keruh. Hal ini bisa diibaratkan dengan saat Anda mulai tidak bisa mengelola pemikiran dan mencampuri sesuatu dengan pemikiran Anda maka Anda tak bisa melihat segala sesuatu dengan jernih.

Ketakutan, kecemasan, keinginan dihargai, keinginan memaksakan sesuatu harus seperti yang Anda pikirkan, iri, dengki dan ketidakmampuan memaafkan adalah sebagian kecil dari hal-hal yang akan memperkeruh pemikiran.

  1. Kelola kata-kata

Pada suatu waktu ada seorang pertapa yang sangat bijak dan memiliki kemampuan menyembuhkan berbagai penyakit. Ia sedang berjalan di sebuah desa saat ada seorang wanita menghampirinya dengan menangis minta pertolongan karena anaknya sakit parah.

Pertapa itu pun kemudian meminta pada sang ibu untuk diantarkan menjenguk anaknya. Saat di tengah perjalanan penduduk desa melihat pertapa itu berjalan mengikuti ibu tersebut dan mereka mulai bertanya-tanya apa gerangan yang terjadi. Sesampai di rumah ibu itu sang pertapa menjenguk anak ibu tersebut.

Sang pertapa itu memegang kening si anak dan mulai mendoakannya. Tiba-tiba dari tengah kerumunan penduduk muncul sebuah teriakan dari seorang pria, “Apakah kamu yakin bahwa doamu dapat menolong anak itu padahal semua obat sudah gagal?”

“Kamu tidak tahu apa-apa tentang masalah ini sebab kamu bodoh dan dungu. Lebih baik kamu tutup mulutmu yang busuk!”, kata sang pertapa.

Laki-laki itu menjadi sangat marah dan tersinggung oleh ucapan tersebut. Mukanya menjadi panas dan merah. Saat dia hendak berucap sesuatu sang pertapa berjalan ke depannya sambil memberi isyarat dengan tangannya untuk diam seraya berkata, “Jika satu kalimat mempunyai kekuatan membuat muka kamu panas dan merah apakah tidak mungkin kalimat lainnya mempunyai kekuatan untuk menyembuhkan?”. Hari itu sang pertapa menyembuhkan 2 orang sekaligus.

Kata-kata yang Anda ucapkan sangat bertuah karena itu gunakanlah secara bijak. Kata-kata yang keluar dari mulut Anda menunjukkan isi kepala Anda. Kata-kata mempunyai kekuatan untuk mengubah realita oleh karenanya gunakan kata-kata sebagai instrumen yang dahsyat untuk menyembuhkan, memelihara, menghargai, memberkati, memaafkan dan memanifestasikan sesuatu yang baik.

  1. Pimpin diri Anda

Anda tak dapat memimpin siapapun sampai Anda bisa memimpin diri Anda sendiri. Pemimpin yang efektif adalah pemimpin yang mampu memimpin dirinya dengan baik melakukan hal-hal yang harus dan perlu dilakukan sebagai seorang pemimpin. Saya mendampingi banyak pemimpin di berbagai industri dan menjumpai bahwa pemimpin yang efektif adalah pemimpin yang memiliki kemampuan mengarahkan dirinya sendiri melakukan sebuah aktfitas dengan disiplin dan konsisten.

Mereka juga memiliki visi jangka panjang yang jelas dan bersedia belajar dan bekerja untuk mewujudkan hal tersebut.Dengan bekal itulah mereka mampu memengaruhi orang lain untuk ikut bersama-sama mewujudkan hal tersebut.

Pimpin diri Anda untuk melakukan sebuah aktifitas bermakna secara konsisten dan mengarah pada satu tujuan yang jelas.

 

Salam hebat untuk Anda semua.

 

Ariesandi S.,CHt

www.ariesandi.com

 

 

Share This