Dihina? Jatuh atau Bangkit?

Seorang perempuan muda, pekerja di salah satu salon kecantikan di New York. Salon dimana dia bekerja sering dikunjungi oleh kalangan atas dan selebritis.

Suatu hari dia terkagum-kagum melihat pakaian seorang pelanggan kaya yang sedang berkunjung ke salon dimana dia bekerja. Rasa ingin tahunya langsung muncul dan lalu bertanya dengan pertanyaan spontan: “Dimana Ibu membeli baju indah tersebut?”. Pelanggan kaya itu menatap dirinya dengan sikap dingin dan tatapan tajam dan dengan ketus menjawab “untuk apa kamu mau tahu dimana saya membelinya, seandainya saya mengatakannya pada kamu, kamupun tak kan sanggup membelinya!!!”

Mendengar kata hinaan itu, si pekerja salon itu melangkah pergi dengan wajah merah padam, perasaannya terluka, tapi batinnya berbicara: “Saya berjanji suatu hari saya pasti bisa mendapat semua seperti wanita kaya itu dapatkan, perhiasan, rumah mewah, uang yang banyak. Tidak akan pernah ada orang yang akan mengatakan seperti itu lagi pada saya.”

Beberapa tahun kemudian, terlihat di banyak koran, foto si pekerja itu bersama orang-orang top dunia, seperti Pangeran Charles, Putri Grace dari Monaco, Rose Kennedy, TC. Cooke, dll.
Si pekerja itu tidak lain adalah ESTEE LAUDER, salah satu wanita terkaya, dan pioner dalam industri kecantikan dunia. Kini produk-produk kosmetiknya dengan merek nama dirinya telah merambah di semua belahan dunia.

Kalau kita hanya meratapi diri kita atas hinaan itu, kita hanya menyimpan dendam dan mengharapkan hal-hal buruk terjadi pada orang yang menghina kita, sebagai pelampiasan.

Itu tidak akan memberikan manfaat apa-apa, dan lihat Estee Lauder, yang telah mengubah rasa sakitnya menjadi motivasi dirinya untuk meraih kesuksesan. Terkadang kita harus bersyukur pada saat di hina orang lain, karena kata-kata hinaan itu dapat membangkitkan semangat kita.

Motivasi untuk maju tidak hanya melulu karena rasa sakit. Apakah menarik untuk memiliki motivasi untuk maju dan berhasil tanpa perlu melewati hal-hal dramatis atau traumatis terlebih dahulu? Pembahasan ini akan menjadi salah satu topik dari Core Transformation Camp yang akan diadakan di bulan Oktober 2012 di Jakarta. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.ariesandi.com dan klik kolom Event atau telepon ke 081514 7272 11 (Jakarta).